Senin, 06 Agustus 2018

Barabaiku


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Seperti tulisan saya sebelumnya saya disini ingin menceritakan lebih dalam tentang daerah saya yaitu kota Barabai. Barabai adalah Ibu kotanya Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Ok, disini saya ingin mengganti kata saya dengan ulun biar lebih akrab dengan kota saya yah. Lanjut barabai berjarak cukup jauh sekitar 4 atau 5 jam dari Ibu Kota Kalimantan Selatan yaitu Banjarmasin pasti disini kalian sudah lebih mengenal dengan kota Banjarmasin yang sering di juluki kota seribu sungai dan terkenal dengan kekhasan makanannya. Barabai pun tak kalah menyenangkan dari Banjarmasin walau dalam kemajuan kota barabai memang jauh tertinggal.

Barabai ulun juga dialiri sungai yaitu Sungai Barabai dimana beberapa titik dari sungai itu di jadikan tempat wisata seperti; Pagat Batu Benawa, Manggasang, Baruh Bunga Out Bound, Wisata Air Panas Hantakan, WaterBoom Hantakan, Wisata Sungai di Desa Nateh, dan masih banyak wisata sungai lainnya.

ini dinding di Wisata Pagat Batu Benawa yang mengisahkan kisah legenda Raden Pengantin

gua yang ada di Wisata Pagat Batu Benawa

Pemandangan di Wisata Pagat Batu Benawa
Suasana Wisata Pagat Batu Benawa yang nampak dari atas 



kalau 3 foto ini gambaran suasana di Tempat Wisata Manggasang

ini gambaran suasana di Wisata Air Panas Hantakan

 kalau ini gambaran suasana di WaterBoom Hantakan.

 
dan gambar yang terakhir ini gambaran suasana di Wisata Baruh Bunga OutBound.


Disini ulun akan lebih bercerita tentang wisata sungai yang ada di Desa Nateh, Wisata sungai yang berjarak kurang  lebih 1 jam dari kotanya Barabai. dimana sungainya terbilang cukup bersih dengan arus yang cukup deras, air nya yang dingin ditemani pemandangan yang indah dari Pegunungan Meratus. Di sini juga disediakan wisata arum jeram yang melintasi derasnya sungai dengan diiringi pemandangan indah Pegunungan Meratus dari kejauhan. Desa Nateh juga memberikan tempat wisata lain loh seperti Goa Berangin, Goa Kukup, Goa sawar. Barabai pun juga memiliki wisata gunung dan perhutanan yang bisa dibilang masih perawan, iya perawan dalam arti hanya dikota ulun saja yang tidak diperbolehkan adanya aktivitas penambangan batu bara sehingga gunungnya masih hijau dan alami. Gunung itu adalah Gunung Titi bukan hanya keaadaannya saja yang masih alami disini masyarakat nya juga kental dengan kebudayaannya.


Dua foto diatas adalah gambaran sedikit tentang Wisata Sungai di Desa Nateh.

 
Ini foto goa sawar


kalo ini foto gunung titi tadi yang sedikit sudah di jelasin di atas. <Sumber foto>

Kota ulun juga terkenal akan kekhasan makanannya beberapa diantaranya adalah;

Apam Barabai
Iya ini hampir sama dengan kue apem, tapi bentuknya lebih tipis dan bulat yang tidak benar-benar bulat wahh gimana itu hayoo. Rasanya manis dengan manis yang khas walau ada kekurangannya yaitu kue ini tidak tahan lama. kue ini di jual dengan bungkusan daun pisang serta kue ini berbahan dari tepung beras loh dan memiliki dua rasa dan dua warna berbeda tergantung bahan gula olahnya .

Iwak Basamu atau Pekasam

Pakasam tentunya juga terdapat di kota ulun ini. Apasih pakasam, pakasam adalah hasil olahan fermentasi ikan air tawar dengan garam yang lalu di peram dan di campuri dengan taburan beras ketan yang telah di goreng sehingga menghasilkan rasa akhir yang sedikit asem.

Kue Lam

Kue ini dari tampilan hampir sama dengan kue lapis tapi kue ini jauh lebih manis dan pembuatannya agak lebih rumit dikarenakan pembakarannya yang hampir memakan waktu 3 jam bahkan lebih sehingga tekstur dari kue ini jauh berbeda. Resep kue ini berasal dari negeri Arab yang di warisi langsung oleh warga keturunan arab di kota ulun.

nah dibawah ini beberapa foto makanan lainnya yang juga khas akan kota ulun.
ini Laksa nya orang barabai

Kue Ampar Tatak

Nasi Pundut

 Nasi Kuningnya orang Banjar juga ada di kota ulun

 
dan ini yang terakhir Bingka Kantang


Nah banyak sekalikan kekhasan kotanya ulun , ayoo mampir kami pasti senang bisa menjamu kalian. sudah dulu yah kisah tentang kota ulun.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar